Ingin Mencoba Diet 'Clean Eating'? Ini Cara Mudah Memulainya!

  • Kamis, 23 Januari 2014 18:30 WIB

Ingin Mencoba Diet 'Clean Eating'? Ini Cara Mudah Memulainya!

Intisari-Online.com - Pola makan yang lebih mengutamakan makanan alami dan tidak banyak diproses atau disebut dengan "clean eating", belakangan sedang menjadi tren. Diet tersebut diklaim mampu mencegah berbagai penyakit sekaligus melangsingkan.

Berbeda dengan pola diet lainnya, diet clean eating tidak memiliki aturan yang ketat bahkan tidak memerlukan penghitungan kalori.

Tujuan dari diet ini adalah mengurangi atau menghindari sama sekali makanan yang diproses dan memperbanyak konsumsi whole food (alami dan belum diproses).

Berikut adalah langkah mudah untuk memulai diet ini, seperti dilansir dari Babble. Mulailah perlahan dengan menghindari 2-3 jenis, kemudian setelah tubuh mulai merasa nyaman secara bertahap ditambah.

1. Ubah kebiasaan ngemil
Cobalah untuk menghindari camilan yang banyak mengandung zat tambahan seperti MSG, garam, pengawet, atau pewarna, yang banyak beredar di pasaran. Kini sudah cukup banyak produk makanan yang hanya mengandung 3-4 bahan saja. Atau Anda bisa kembali ke panganan tradisional seperti ketela rebus atau jagung rebus.

2. Bersihkan kulkas
Isi kulkas Anda dengan lebih banyak buah dan sayuran. Memang menyingkirkan produk susu, saus, atau minuman bersoda, dari kulkas tak bisa dilakukan dalam satu malam. Lakukan secara bertahap, dimulai dari produk yang paling tidak sehat, seperti minuman bersoda, sosis, dan seterusnya.

3. Selamat tinggal makanan cepat saji
Mulailah dengan berpisah dengan makanan cepat saji untuk satu periode tertentu, misalnya selama satu bulan. Ini berlaku untuk setiap jenis makanan, baik makanan instan di rumah atau di restoran.

4. Hindari karbohidrat sederhana
Hindari karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti, mi, dan makanan lain yang terbuat dari tepung putih. Sebagai gantinya, konsumsi karbohdirat kompleks, misalnya pasta, nasi merah, atau roti gandum utuh.

5. Rajinlah masuk dapur
Sebagian orang memang suka berada di dapur, sementara yang lain malas masuk dapur. Tetapi jika Anda memang ingin memiliki pola makan yang bersih, maka sebaiknya setiap makanan dibuat sendiri. Hindari masakan yang diproses atau diolah terlalu lama.

6. Pilih protein tanpa lemak
Selain memilih protein tanpa lemak, sebaiknya pilih juga produk daging yang organik untuk mengurangi kemungkinan Anda mengasup produk hewani yang sudah diberi antibiotik atau pakan ternak yang tidak jelas. (kompas.com)

Reporter : K. Tatik Wardayati
Editor : K. Tatik Wardayati

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×