Gemar Donor Darah? Inilah Tujuh Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

  • Minggu, 19 Juni 2016 09:30 WIB

Gemar Donor Darah? Inilah Tujuh Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Intisari-Online.com - Tak sekadar membantu orang yang membutuhkan darah, doroh darah juga ternyata memiliki manfaat bagi pendonornya. Menurut pemaparan Boldsky.com, seperti dilansir Kompas.com, setidaknya ada tujuh manfaat doron darah bagi kesehatan.

1. Membantu menurunkan risiko kanker

Rutin mendonorkan darah, dapat menjada kadar zat besi dalam tubuh. Seperti diketahui, kelebihan zat besi bisa meningkatkan risiko kanker. Untuk itu, penurunan zat besi dalam tubuh bisa membantu menurunkan risiko kanker.

2. Menurunkan risiko kerusakan hati dan pankreas

Kandungan zat besi yang berlebihan dalam tubuh juga bisa meningkatkan risiko kerusakan pankreas dan hati. Dengan donor darah, bisa mengurangi kelebihan zat besi yang pada akhirnya turut membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Masih terkait dengan kadar zat besi, dengan donor darah juga bisa mengurangi risiko masalah penyakit jantung, termasuk gangguan irama jantung.

4. Menurunkan berat badan

Donor darah secara rutin membantu membakar kalori ekstra dalam tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan. Sangat bermanfaat mencegah obesitas dan masalah penyakit terkait kegemukan.

5. Melancarkan aliran darah

Reporter : Moh. Habib Asyhad
Editor : Moh. Habib Asyhad

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×