Kisah CIA dan M16 Melancarkan Operasi Rahasia Penggulingan Rezim di Iran Demi Minyak Bumi

  • Senin, 8 Januari 2018 16:15 WIB

Demo di Iran 1953 yang didalangi CIA | Wikipedia

Intisari-online.com - Penggulingan pemerintahan terpilih Mohammad Mossadegh di Iran tahun 1953 merupakan  bukti nyata sukses operasi rahasia dinas intelijen Amerika CIA dan M16 dari Inggris. 

Operasi rahasia dilancarkan akibat tindakan menasionalisasi industri minyak di Iran yang dilakukan oleh  Perdana Menteri Mossadegh.

Tindakan itu  menjadi pemicu utama mengapa Inggris  sampai meminta Amerika untuk menggulingkan pemerintahan terpilih Iran yang dilakukan secara demokratis.

Inggris menilai, program nasionalisasi minyak yang dilakukan Mossadegh menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan minyak Inggris di Iran, Anglo Iranian Oil Company (AIOC) atau kini bernama British Petroleum (BP).

BACA JUGA: Jet Tempur F-15 C Ini Patah Jadi Dua Saat Terbang, Begini Nasib Pilotnya

AIOC   telah lama diberi hak monopoli dan konsesi pengolahan minyak di Iran sejak tahun 1931. 

Sebaliknya, bagi Mossadegh yang mengenyam pendidikan doktoral di Barat dan antikapitalisme, nasionalisasi minyak yang ia jalankan sejak berkuasa tahun 1951 akan meningkatkan pendapatan pemerintah Iran dari sektor minyak. 

Paling tidak Iran akan mendapat keuntungan lebih besar daripada yang diperoleh AIOC.  Suatu alasan yang sangat logis, namun tidak membuat AIOC merasa senang.

Tetapi, dengan menjalankan kebijakan “radikalnya” itu Iran sesungguhnya mengalami kesulitan di tengah jalan.  Dihentikannya produksi minyak oleh AIOC menyebabkan penurunan produksi minyak Iran yang berdampak pada pendapatan ekspor negara. 

Akibatnya Iran langsung mengalami krisis produksi minyak dunia. Inggris dan Amerika dengan sengaja menutup jalur distribusi minyak Iran ke dunia. 

Reporter : Agustinus Winardi
Editor : Yoyok Prima Maulana

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×