Bukan Cuma Unik, Pergaulan Mama-Mama Jepang Juga Terkenal Sangat Kejam, Ini Kisahnya!

  • Kamis, 15 Februari 2018 08:00 WIB

Wanita Jepang | IST

Intisari-online.com - Go ni irebe go ni shitagae. Artinya: saat masuk lingkungan baru, taatilah budaya/aturan setempat.

Idiom sederhana, tapi di Jepang, konsekuensinya sangat panjang dan begitu menancap di kepala semasa saya tinggal di Jepang dulu.

Biasanya, orang Indonesia beradaptasi terhadap lingkungan baru dengan tujuan untuk kenyamanan diri, sementara orang Jepang melakukannya agar tidak mengganggu lingkungan barunya.

Analoginya kira-kira begini: kalau orang Indonesia dan Jepang sama-sama dilepas di hutan, maka orang Indonesia akan mendandani hutan sesuai kebutuhan dirinya. Sementara orang Jepang, beradaptasi dengan mengubah diri menjadi seperti pohon di hutan itu.

(Baca juga: Mewahnya Pesta Pernikahan 10 Hari 10 Malam Anak Raja Tambang Batu Bara Kalimantan Ini! Mobil Pengantinnya Saja Seharga Belasan Miliar!)

Bagi orang Jepang, agar tidak mengganggu kestabilan komunitas yang sudah ada, paling aman mengubah diri agar serupa dengan mereka yang sudah lebih dulu di sana.

Mereka sangat menghormati kepentingan umum/orang lain jauh di atas keperluannya sendiri.

Begitu mengakarnya prinsip ini, maka orang Jepang sangat perfeksionis dan kejam terhadap diri sendiri dan orang-orang di dekatnya.

Bagian ini pula yang kadang membuat kegiatan berinteraksi dengan para Mama Jepang sedikit membuat pening, meski sebenarnya mereka manis-manis, kok.

Reporter : intisari-online
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×