8 Kematian yang Mengejutkan Dari Berbagai Belahan Dunia di Tahun 2016

Reporter : Bramantyo Indirawan
Editor : Ade Sulaeman

Beberapa tokoh termasuk Carrie Fisher mengejutkan dunia dengan kepergiannya | Scifimoviepage.com

Intisari-Online.com – Sepanjang tahun 2016, sederetan nama tokoh mancanegara telah menutup usianya. Setelah ditinggal seorang penyanyi asal Inggris bernama George Michael, dunia hIburan dilanda duka karena kepergian seorang aktris bernama Carrie Fisher.

Dengan berbagai sebab, kematian mereka bersama sejumlah tokoh lainnya mengejutkan kita dan mengingatkan bahwa semua manusia akan wafat. Berikut adalah 8 kematian mengejutkan di tahun 2016.

1. Carrie Fisher (27 Desember 2016)

Carrie Fisher dikenal melalui perannya sebagai Princess Leia
Carrie Fisher dikenal melalui perannya sebagai Princess Leia

Aktris yang paling dikenal melalui perannya sebagai Princess Leia Organa di serial film Star Wars ini harus menutup usianya di umur 60 tahun. Saat terbang menuju ke Los Angeles, Amerika Serikat, Carrie terkena serangan jantung sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Sayang sekali ia tidak bisa tertolong sehingga harus meninggalkan dunia ini. Seperti George Michael, wafat di akhir tahun yang penuh dengan liburan dan hari raya akan mengejutkan para masyarakat dan penggemar  artis-artis ini.

Selain itu mengingat serial Star Wars yang akan kembali berlanjut dan syuting pada episode 9, kehadirannya sebagai salah satu tokoh penting akan dirindukan apabila diganti atau dihilangkan di film ini.

2. Muhammad Ali (3 Juni 2016)

Muhammad Ali, Juara Tinju Legendaris
Muhammad Ali, Juara Tinju Legendaris

Seorang juara tinju kelas berat, pria yang dulu bernama Cassius Clay ini menghembuskan nafas terakhirnya karena syok septik setelah 32 tahun melawan penyakit Parkinson. Ia meninggal dunia pada tanggal 3 Juni 2016 di umur 74 tahun.  

Ali berhasil menjadi juara kelas berat di umur 22 pada tahun 1963 setelah mengalahkan Sonny Liston. Ia juga terkenal karena karisma beserta ketegasan yang menempatkannya lebih dari sekadar petinju bersabuk juara.

Selain bergabung dengan Nation of Islam dan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali, ia juga vokal terhadap isu ras dan menolak untuk membela negaranya pada Perang Vietnam hingga diancam masuk penjara.

Setelah mempertahankan gelarnya hingga tahun 1978, Ali pensiun di tahun 1980. Kemudian Parkinson menyerangnya dan “pertarungan” baru harus dihadapi pria tangguh ini. Ali menghabiskan sisa hidupnya untuk mengabdi kepada isu kemanusiaan dan melakukan amal di berbagai negara seperti Lebannon.

Baca juga: Muhammad Ali Meninggal Dunia, Sang Juara Dunia yang Penuh Kontroversi

3.  Fidel Castro (November 25 2016)

Castro, pemimpin revolusioner Kuba
Castro, pemimpin revolusioner Kuba

Pemimpin revolusioner yang membawa Kuba menjadi perhatian dunia melalui pemerintahan komunisnya harus menutup usia di umur 90 tahun. Hal ini cukup mengejutkan karena relasi baik yang baru saja dibangun Kuba dengan AS setelah melaksanakan perang dingin selama 50 tahun lebih.

Sejak tahun 1959 Fidel menjadi Presiden Kuba melalui pemikiran, propaganda, dan kebijakan pragmatisnya. Kemudian pada tahun 2006 ia harus turun dan digantikan oleh adiknya bernama Raul Castro yang menjabat di tahun 2008.

Ia menjadi pemimpin karismatik penuh kekuasaan dengan cerutu di mulutnya, menutup diri pada dunia barat terutama pada AS. Akhirnya pada tahun 2014 kerjasama terlihat pada kedua negara ini melalui pertukaran tawanan penjara melalui hubungan diplomatik.

Barack Obama bahkan datang ke Kuba pada tahun 2016, menjadi Presiden AS pertama yang menginjak tanah di negara Amerika Latin itu sejak 88 tahun lalu. Keterbukaannya kemudian dilanjutkan dengan kematian Fidel Castro, salah satu tokoh revolusioner terhebat di zaman ini.

Ingin tahu kepergian tokoh yang mengejutkan dunia lainnya? Pergi ke halaman selanjutnya


Sumber : ["kompas.com" , "nbcnews.com" , "nydailynews.com" , "people.com" , "usatoday.com"]

Reporter : Bramantyo Indirawan
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×