Kacang Asin Wajib Dibawa dari Bali

Reporter : K. Tatik Wardayati
Editor : Ade Sulaeman

Kacang asin Rahayu

Intisari-Online.com – Rasanya, oleh-oleh yang satu ini termasuk yang wajib dibeli sebelum kita meninggalkan Bali. Kacang asin. Inilah salah satu makanan kecil yang hampir selalu mengisi koper atau tas wisatawan domestik yang meninggalkan Bali untuk kembali ke tempat asal.

--

Saat ini memang sangat banyak merek kacang asin yang dijual di berbagai toko makanan atau pusat oleh-oleh. Bahkan beberapa di antaranya menggunakan merek dan warna kemasan yang mirip. Namun, kalau mau memilih kacang asin yang telah lama dikenal dan memiliki kualitas yang baik (ukuran dan rasanya), tidak salah kalau kita memilih kacang asin Rahayu.

Kacang asin Rahayu dikemas dalam plastik kedap udara yang dimasukkan dalam kemasan kotak dari karton. Keberadaannya mudah diketahui karena karton kemasannya dicetak dengan warna dominan merah muda. Kalau kita membelinya di luar outlet resmi kacang asin Rahayu, di toko makanan atau pasar swalayan misalnya, kita mesti jeli melihat kemasan ini, terutama mereknya. Soalnya, di toko makanan atau pasar swalayan beberapa merek kacang asin yang serupa tapi tak sama itu di-display dalam satu kelompok. Kalau kurang jeli, kita bisa mendapatkan kacang asin merek lain.

Kacang asin Rahayu dikemas dalam beberapa ukuran, yakni 50 g, 200 g, 400 g, dan 800 g. Kalau diperhatikan, kacang asin ini tampak besar-besar dan hampir seukuran. Tampilannya pun bagus dalam artian tidak ada yang hangus. Begitu masuk ke rongga mulut, kacang rmemberi"sengatan"rasa asin-gurih. Rasa tersebut muncul lantaran dalam proses pembuatannya melibatkan garam dan bawang putih sebagai menambah rasa.

Proses pembuatan kacang asin Rahayu diawali dengan perendaman kacang mentah dalam air yang telah diberi bumbu berupa garam dan bawang putih. Setelah masa perendaman cukup, kacang dijemur agar permukaannya kering kembali. Setelah itu, kacang menjalani proses pengovenan hingga matang. Kacang yang sudah masak ini kemudian masuk dalam proses pemisahan terhadap kacang yang rusak atau berukuran kecil. Akhirnya kacang asin pilihan dikemas untuk siap didistribusikan.

Kacang asin Rahayu memiliki empat outlet resmi di Denpasar. Namun, untuk membelinya kita tidak harus pergei ke salah satu dari empat oulet resmi tersebut. Kita bisa membelinya di toko-toko makanan, pasar swalayan, atau pusat oleh-oleh. Harganya tergantung pada kemasannya.


Sumber : ["wisata jajan bali"]

Reporter : K. Tatik Wardayati
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×