Serangan Hack Meltdown dan Spectre Mengancam Jutaan Gadget Modern, Berikut Cara Pencegahannya

  • Jumat, 5 Januari 2018 17:45 WIB

Bahaya ancaman hacking dari Meltdown dan Spectre | Nextren

Nextren.grid.id - Lagi-lagi dunia teknologi diguncangkan oleh sebuah berita mengejutkan yang mengatakan bahwa hampir semua prosesor modern terancam kena hack karena ada celah untuk dieksploitasi.

Nama eksploitasi keamanan tersebut adalah Meltdown dan Spectre.

Kedua kode eksploitasi ini ditemukan oleh Project Zero dari Google yang mendapati bahwa eksploitasi ini dapat membobol data pengguna lewat celah kelemahan hardware yang mengatur segala macam operasi dalam sebuah alat elektronik yang menggunakan prosesor.

Spectre dan Meltdown dapat menyerang semua jenis prosesor modern yang ada di pasaran saat ini.

Entah itu prosesor Intel, AMD, ataupun ARM. Atau dengan kata lain, hampir semua prosesor yang beredar sejak beberapa tahun terakhir ini.

Jadi semua alat elektronik yang menggunakan prosesor pun rentan kena serangan, baik itu PC, komputer, smartphone, sampai alat Internet of Things (IoT) sekalipun.

Bagaimana Spectre dan Meltdown menyerang?

Microprosesor modern menggunakan cara proses dengan teknik Speculative Execution. Teknik ini digunakan demi menaikkan performa dan kinerja prosesor.

Sebelumnya, prosesor menjalani proses kalkulasi secara berurutan yang membutuhkan waktu dan tenaga lebih besar. Singkatnya, dengan adanya teknik Speculative Execution, prosesor dapat memasukkan kalkulasi yang dilakukan secara acak, sehingga dapat mempersingkat urutan kalkulasi yang ada.

Klik untuk ke Halaman Selanjutnya

Reporter : Editorial Grid
Editor : Editorial Grid

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×