Inilah Cara Tepat Ganti Ban Mobil Anda yang Kempes atau Bocor

  • Jumat, 2 September 2016 09:30 WIB

Inilah Cara Tepat Ganti Ban Mobil Anda yang Kempes atau Bocor

Intisari-Online.com - Salah satu kejadian yang sering menimpa pengguna mobil, yakni mengalami ban kempes ketika di tengah perjalanan. Jika sudah seperti itu, jangan dipaksa tetap berjalan, karena selain merusak, juga dapat menyebabkan kecelakaan.

Sebaiknya, segera menepi dan menggantinya dengan ban cadangan yang sudah tersedia di masing-masing mobil. Namun, tahukan Anda bagaimana cara mengganti ban kempes yang benar?

Jika belum tahu, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini yang dipaparkan di buku pedoman kepemilikan mobil Toyota.

Langkah utama, sebelum mendongkrak, hentikan mobil di tempat aman dan permukaan yang keras dan rata. Pasang rem parkir, dan jika transmisi manual posisikan tuas transmisi ke R, jika matik maka ke posisi P.

Setelah itu, ganjal ban secara menyilang dengan ban yang kempes. Mobil dengan pelek baja, lepas ornamen roda menggunakan kunci mur pelek. Kendurkan sedikit demi sedikit mur tersebut sebelum dongkrak dipasang. Setelah mur kendor, baru pasang dongkrak.

Lepaskan semua mur pelek dan ban. Ketika merebahkan ban di atas tanah, letakan desain permukaan pelek menghadap ke atas untuk menghindari goresan.

Terakhir, ganti ban kempes tersebut dengan yang normal. Cara memasangnya, sama saja seperti pada saat awal membuka mur pelek.

 

(Aditya Maulana/otomania.com)

Reporter : Ade Sulaeman
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×