Ingat! Di Dunia Maya Juga Ada Aturan dan Etikanya

Reporter : Tika Anggreni Purba
Editor : Ade Sulaeman

Jadi Warga Dunia Maya Juga Ada Aturan dan Etikanya! | ecampus.hisvietnam.com

Intisari-online.com—Sadar tidak sadar, kehidupan internet bisa diibaratkan sebagai bagian yang tidak bisa dilepaskan dari manusia. Baik tua, muda, bahkan anak-anak terlibat di dalamnya. Jika bisa diibaratkan, kita hidup dalam dua dunia yang berbeda, dunia nyata dan dunia nyata.

Agar tak saling berbenturan satu dengan lainnya, kita diatur oleh nilai dan norma. Sama seperti dunia nyata, saat menjadi warga dunia maya juga ada aturan dan etikanya. Apa saja? Simak 9 hal berikut:

1. Walau kita terlibat di dunia maya, orang-orang di dunia nyata tetaplah prioritas

Tidak ada yang lebih menyebalkan dari pada berusaha berbicara dengan orang yang lebih fokus pada layar ponsel atau komputernya. Mungkin kita adalah orang yang multitasking,namun bukan berarti kita bisa hidup di dunia nyata dan dunia maya bersamaan. Jika seseorang sedang berbicara dengan kita, sebaiknya hentikan aktivitas dengan internet.

(Internet Troll: Bagaimana Menghadapi Penghasut di Dunia Maya?)

2. Pikirkan baik-baik. Jika kita tidak mungkin berbicara kasar pada orang lain secara langsung, jangan juga lakukan itu di dunia maya.

Apakah Anda tipikal orang yang mengejek, menuduh, mengutuk, mengata-ngatai, dan mengucapkan perkataan kasar pada orang lain langsung pada wajahnya? Jika tidak, maka itu juga berlaku di dunia maya.

Jika kita juga bukan tipikal orang yang akan berteriak kasar pada orang lain di dunia nyata, mengapa harus menggunakan capslock berbicara melalui dunia maya?

3. Jika kita tidak akan menunjukkan itu pada publik, jangan pula bagikan itu di dunia nyata

Apa yang menurut kita tidak layak ditunjukkan pada orang banyak, lakukan pula prinsip yang sama untuk dunia maya. Mengapa harus menunjukkan foto-foto seksi, foto mabuk, dan konten-konten yang perlu dipublikasikan lainnya?

4. Jangan abaikan orang lain secara online

Jangan membuat orang lain merasa terpinggirkan akibat percakapan pribadi yang semua orang bisa melihatnya. Jika kita perlu berbagi cerita dan keseruan, lakukan itu secara private, di grup atau chat room.

5 . Jangan meng-unfriend

Sebaiknya terimalah pertemanan dari orang yang kita kenal. Agar tidak perlu melakukan unfriend di kemudian hari. Oh ya, jangan sampai pula perselisihan di dunia nyata merambah dengan pemutusan hubungan di dunia maya. Apakah Anda tipikal orang yang menerima dan memutuskan pertemanan semudah itu?

klik "2" untuk melanjutkan membaca

(Internet Troll: Banyak Orang yang Menikmati Perannya Sebagai Penyebar Kebencian di Dunia Maya)


Sumber : ["verywell.com"]

Reporter : Tika Anggreni Purba
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×