Embargo oleh Negara-negara Barat Justru Menjadikan Iran Negara yang Kreatif dan Produktif

  • Selasa, 14 November 2017 18:30 WIB

Helikopter buatan IRan | IHS Janes

Intisari-Online.com - Hingga awal 2016 lalu, Iran  masih mendapat sanksi embargo ekonomi oleh negara-negara Barat.

Mereka juga dilarang membeli persejataan dari negara-negara Barat khususnya AS, terkait program pengayaan nuklirnya serta pemutusan hubungan dengan AS sejak tahun 1980-an.

Tapi keinginan kuat Iran untuk mandiri dalam memenuhi kebutuhan helikopternya baik untuk kepentingan militer dan sipil terus ditingkatkan melalui kerja keras.

Setelah puluhan tahun merancang helikopter industri pertahanan Iran, Helicopter Support and Renewal Company (IHCR/PANHA) akhirnya berhasil memperkenalkan produk barunya.

Sebuah helikopter multifungsi bernama Saba-248.

Sebagai helikopter tranportasi ringan-medium dengan dua mesin dan berkursi delapan, Saba-248 dapat dioperasikan untuk melaksanakan berbagai misi.

Helikopter ini bisa digunakan untuk mengangkut penumpang, keperluan SAR, fotografi udara, misi pengintaian (reconnaissance), ambulan udara, dan lain sebagainya.

Para pakar penerbangan militer Iran dan teknisi sipil yang sudah cukup lama merancang helikopter multifungsi itu menekankan, helikopter produknya juga berkualitas ekspor.

Salah satu target pasar internasional helikopter Saba-248, menurut Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehgan, adalah negara-negara Islam di kawasan Timur Tengah.

Reporter : Agustinus Winardi
Editor : Moh Habib Asyhad

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×