Benarkah Kerikil yang Terselip di Ban Sebabkan Kebocoran?

  • Rabu, 23 November 2016 15:33 WIB

Kerikil yang terselip di ban. | otomania.com

Intisari-Online.com - Salah satu hal yang tak terhindarkan saat mengendarai mobil atau motor adalah melindas kerikil yang bertebaran di jalan raya. Sekilas bentuknya memang kecil. Namun, mereka cukup membuat para pengandara merasa waswas jika menemukannya terselip di ban.

Kebanyakan pengendara takut kerikil-kerikil tersebut akan menembus telapak ban hingga akhirnya menyebabkan kebocoran. Namun, benarkah demikian?

(Baca juga: Inilah Cara Tepat Ganti Ban Mobil Anda yang Kempes atau Bocor)

Akhir Anarkhimurni, Senior tester R&D PT Gajah Tunggal menyatakan bahwa kita tidak perlu khawatir dengan kerikil-kerikil yang terselip di ban.

“Sebenarnya laposan ban cukup tebal untuk menahan kerikil. Berbeda dengan paku atau baut tajam yang dapat menyebabkan kebocoran,” jelas Akhir.

Tentu saja penjelasan ini tidak dapat serta merta membuat rasa waswas kita menghilang. Untuk itu, Akhir tetap memberikan saran terkait cara membersihkan kerikil yang menempel di ban.

(Baca juga: Belajar dari Ban Mobil)

“Saat mencuci kendaraan, singkirkan saja kerikil-kerikil yang terdapat pada ban dengan menggunakan obeng atau alat lain untuk mencungkil. Ini sekaligus untuk melakukan pengecekan pada kondisi permukaan ban. Ini juga bagina dari perawatan ban,” tutur Akhir.

Sumber : ["otomania.com"]

Reporter : Ade Sulaeman
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×