Kera salju di Yakushima, Jepang ini punya kebiasaan menyetubuhi rusa. / Foto : Theguardian.com

Wow, Kera Ini Menyetubuhi Rusa

  • Editor : Hery Prasetyo
  • Thursday, 12 January 2017
  • 10:00 am

Di Yakushima, Jepang, seekor kera salju memiliki kelainan seksual yang aneh dan jarang terjadi. Kera ini menyetubuhi rusa sika.

Intisari-Online.com - Di Yakushima, Jepang, seekor kera salju memiliki kelainan seksual yang aneh dan jarang terjadi. Kera ini menyetubuhi rusa sika. Dan, itu dilakukan beberapa kali.

Ini peristiwa langka. Sejauh pengamatan ilmuwan selama ini, kasus kera salju itu adalah yang contoh kedua seekor hewan yang menyetubuhi hewan jenis lain yan hubungan spesiesnya sangat jauh.

Kasus pertama hubungan seks dari dua binatang beda spesies secara jauh adalah di Antartika. Kasusnya adalah seekor anjing laut menyetubuhi penguin.

Memang, kera dan rusa sika secara umum memiliki hubungan simbiotik. Rusa sika memakan buah yang dijatuhkan atau terjatuh dari genggaman kera dari pohon.

Nah, ini menyebabkan ada hubungan antara kera dan rusa sika. Sering kali, kera turun dan naik ke punggung rusa untuk sekadar bermain.

Namun, tidak dengan kera salju di Yakushima ini. Dia tampak mencintai rusa selayaknya pasangannya. Bahkan, dia akan cepat cemburu jika ada kera lain yang mendekati rusa yang ia cintai dan segera mengusir mereka dengan keras.

Hebatnya lagi, kera ini tidak hanya menyetubuhi satu rusa, tapi beberapa rusa betina.

"Kera ini sangat jelas menunjukkan tabiat seksualnya kepada beberapa rusa. Beberapa rusa mencoba menghindar, tapi beberapa menerimanya dengan ikhlas," demikian dilaporkan jurnal Primates.

Ahli binatang dari Universitas Strasbourg, Prancis, Marie Pele mengatakan, "Tak ada keraguan lagi bahwa itu (tindakan kera) adalah tabiat seksual."

Para ilmuwan memperkirakan, ada dua alasan kenapa ada perilaku menyimpang itu. Pertama, mungkin si kera kehilangan pasangan karena direbut kera jantan lain. Kedua, kemungkinan kera itu tak bisa mengenali spesies dan mengira rusa itu adalah bagian dari kaumnya.


Sumber :

Author :

Hery Prasetyo

Mengawali karier sebagai wartawan profesional di harian Bernas Yogyakarta, kemudian Timika Pos, Tabloid Soccer, Kompas.com, menjadi web consultant di Gramedia Majalah dan kini berkarier di Intisari.

Komentar

Berita Terkait

Naoto Matsumura, Orang Terakhir di Fukushima yang

Ini adalah pekerjaan yang tidak banyak orang berani

Kreatif, Penjaga Kebun Binatang Ini Membuat Keterangan

Permainan Pokemon Go saat ini sedang digandrungi oleh

Tiap Tahun, Kebun Binatang di Eropa Membunuh 5,000

Ternyata tidak hanya Kebun Binatang Surabaya saja yang

Berita Lainnya

Menyeramkan! 7.000 Gelembung Gas Metana di Siberia Ini

Benjolan di permukaan tanah di kawasan Siberia ini berisi

Yang Mau Mencicipi Apple, Ini Ada Ipad dengan Harga

Produk Apple dikenal dengan harganya yang lebih mahal

Kini Xiaomi Dapat Memproduksi 1 Smartphone Setiap 1

Setelah membangun pabrik keduanya di India, Xiaomi mengklaim

Mulai dari iPhone 7 Red Sampai Aplikasi Clip, Inilah 6

iPad baru, iPhone 7 Red, aplikasi Clip, Apple Watch baru,