Pembantu Berusia 18 Tahun Dilecehkan & Dianiaya Majikan Hingga Buta

Taruna STIP Tewas Dipukul Seniornya: Pertolongan Pertama pada Kasus Trauma Tumpul

  • Editor : Ade Sulaeman
  • Wednesday, 11 January 2017
  • 04:01 pm

Mari kita mengenali langkah-langkah pertolongan pertama pada kasus trauma tumpul yang diduga menjadi penyebab tewasnya seorang Taruna STIP.

Intisari-Online.com - Seorang taruna tingkat I Jurusan Nautikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda angkatan 2016, Amirullah Adityas Putra (19), meninggal dunia, Selasa (10/1/2017). Sang taruna STIP ini diduga tewas setelah dipukuli oleh seniornya pada hari yang sama.

(Polisi Terkecoh, Dikira Nenek Sekarat Ternyata Maneken untuk Pelatihan Pertolongan Pertama)

“Satu per satu taruna tingkat I tersebut datang ke TKP untuk dilakukan penganiayaan oleh para pelaku dengan cara pemukulan menggunakan tangan kosong secara bergantian yang diarahkan ke perut, dada, dan ulu hati,” kata Argo Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Pukulan-pukulan yang diterima Amirullah inilah yang diduga menyebabkan blunt trauma atau trauma tumpul. Apa yang dimaksud dengan trauma tumpul? Berikut ini penjelasannya sekaligus pertolongan pertama yang bisa kita lakukan jika menemukan korban dengan kasus tersebut.

(Jangan Hanya Nonton, Lakukan Pertolongan Pertama Ini saat Terjadi Kecelakaan)

Trauma tumpul adalah hasil dari pukulan fisik pada tubuh, yang tidak menembus kulit atau daging. Hal ini berbeda dari trauma penetrasi, yang menembus keduanya.

Meskipun trauma tumpul mungkin tidak terlihat buruk, karena lebih sedikit menunjukkan pendarahan dan daging yang terkelupas, trauma tumpul sebenarnya bisa memberi dampak yang sama buruknya dengan trauma penetrasi.

1. Evaluasi Kerusakan

Trauma tumpul meliputi segala sesuatu mulai dari sekecil mata hitam hingga sebesar gegar otak. Anda perlu mengevaluasi keparahan luka untuk memilih langkah berikutnya. Berikut adalah dua pedoman untuk digunakan.

(Berencana ke Hutan? Ingatlah Langkah-langkah Pertolongan Pertama Jika Digigit Ular Ini!)

Lokasi. Beberapa tempat dapat menangani hantaman lebih mudah daripada yang lain. Kaki dan tangan biasanya tidak memiliki bahaya serius jangka panjang kecuali tulang rusak atau retak. Tempat-tempat lain, seperti kepala dan leher, sangat sensitif. Jika Anda melihat pukulan serius pada daerah sensitif, Anda harus segera mencari bantuan medis,

Kerasnya. Jumlah kerusakan yang dilakukan tergantung pada jumlah kekuatan dalam pukulan. Misalnya, bentuk kerusakan, misalnya pukulan tiang telepon ke perut relatif memberi dampak yang lebih ringan daripada hantaman tongkat baseball ke kepala.


2. Initial Pertolongan Pertama

Baringkan korban dalam posisi yang nyaman. Cobalah untuk meningkatkan area dimana trauma tumpul diterima. Anda dapat menemukan banyak memar dan bengkak, jadi persiapkan untuk itu. Terapkan kompres es ke daerah trauma, tetapi pastikan untuk tidak meninggalkannya pada lebih lebih lima belas menit pada suatu waktu. Kontak yang terlalu lama dengan suhu dingin dapat merusak jaringan sudah rusak.

Memberikan obat penghilang rasa sakit yang Anda miliki pada korban bisa menjadi pilihan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang menyertai obat.

 

3. Mengobati Luka

Kadang-kadang, tidak akan ada daging yang sama sekali. Seringkali, bagaimanapun, pukulan akan menyebabkan setidaknya luka kecil atau goresan. Bersihkan, sterilkan, dan perban luka untuk menghindari infeksi.

 

4. Jika korban tidak sadar

Cobalah untuk membangunkannya atau dengan lembut menggoyang-goyangkan dan berteriak. Naikan kepala dan batang tubuh sedikit. Pastikan ia terus bernapas. Jika respirasi berhenti, lakukan CPR jika Anda mengetahuinya. Jaga jalan nafas bebas dari obstruksi dan miringkan korban jika mereka muntah.


Sumber :

Author :

Ade Sulaeman

Cyclist

Journalist

Sherlockian

 

Komentar

Berita Terkait

Pertolongan Pertama dalam Kehidupan

Mari, kita sediakan kotak P3K, atau Pertolongan Pertama Pada

Pertolongan Pertama dari Meja Dapur

Kita tidak bisa memperkirakan kapan kecelakaan atau sakit

Jangan Hanya Nonton, Lakukan Pertolongan Pertama Ini

Kecelakaan lalu lintas seringkali memakan korban nyawa bukan

Berencana ke Hutan? Ingatlah Langkah-langkah

Berikut langkah-langkah pertolongan pertama jika digigit

Berita Lainnya

Dalam Waktu Dekat, Makanan Kita akan Diantar oleh Robot

Tenaga manusia akan digantikan oleh robot pengantar makanan

Bagi yang Kepincut iPhone 7, Siap-siap Dimanjakan 8

Bersiap-siaplah dimanjakan 8 fitur baru iPhone 7 dan 7 Plus.

Ingat, Peran Manusia adalah Kunci Kesukseskan

Monumen Laut Nasional Papahanaumokuakea di AS adalah kawasan

Burung Beo Langka di Australia Akhirnya Tampak Lagi

Ternyata spesies yang diduga sudah punah ini masih ada.