tarantula raksasa memangsa ular / Foto : Daily Mail

Tak Sengaja, Para Ilmuwan Menemukan Tarantula Raksasa Memangsa Ular

  • Editor : Ade Sulaeman
  • Wednesday, 11 January 2017
  • 05:02 pm

Niat hati hanya ingin meneliti, para ilmuwan ini justru menemukan peristiwa langka: tarantula raksasa memangsa ular.

Intisari-Online.com - Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampau. Niat hati hanya ingin meneliti, para ilmuwan ini justru menemukan peristiwa langka: tarantula raksasa memangsa ular.

Peristiwa itu terjadi di Serra do Cavera, kawasan padang rumput dan bebatuan di wilayah selatan Brasil. Para peneliti ingin mengetahui lebih jauh kehidupan laba-laba tarantula di sana.

(Dua Tarantula Ini 'Nebeng' Turis dalam Penerbangan dari Karibia ke Kanada)

Ketika membalikkan sebuah batu, mereka menemukan tarantula (Grammostola quirogai) memangsa seekor ular almaden (Erythrolamprus almadensis). Peristiwa yang terjadi pada 3 Desember tahun lalu tersebut adalah kali pertama seekor tarantula didokumentasikan tengah memangsa seekor ular.

“Memangsa seekor ular yang ukurannya jauh lebih besar dari laba-laba ini sangat mengejutkan bagi kami,” kata Leandro Malta Borges, mahasiswa biologi di Universitas Federal Santa Maria, dilaporkan Kompas.com.

Jenis tarantula ini memang pernah menyantap seekor ular, tetapi hal itu terjadi di sebuah penangkaran, bukan di alam liar. “Belum ada catatan lain laba-laba memangsa ular, seberti laba-laba black widow yang memiliki racun mematikan tetap mengandalkan jaringnya untuk menangkap mangsa,” tambah Borges.

Researchers in Brazil were in for a surprise when they discovered a tarantula devouring a snake under a rock. Despite being just a fraction of the snake's size, the tarantula had the serpent twisted into a knot while it fed on it

 

Kita tahu, tarantula merupakan jenis laba-laba yang dikenal tidak memintal jaring untuk menangkap mangsanya. Menurut Borges, ular yang naas itu masuk ke balik batu yang sudah didiami laba-laba tarantula itu. Saat itulah tarantula melumpuhkan si ular hingga mati.

Setelah mati, tarantula itu mulai memangsanya dengan cara mengisap cairan dalam tubuh korbannya. Laba-laba tarantula memang memiliki racun, tetapi belum ada studi khusus yang menyelidiki racun tarantula jenis ini.

Selain itu, belum diketahui apakah racun tarantula itu cukup kuat untuk melumpuhkan seekor ular. Biasanya, tarantula akan berburu mangsa laba-laba lain, serangga atau reptil, hewan amfibi, burung, atau mamalia kecil.


Sumber :

Author :

Moh. Habib Asyhad

Menyukai sejarah, sosial-budaya, dangdut, dan film India beserta lagu-lagunya.

Komentar

Berita Terkait

Siapa Sangka Racun Tarantula Bisa Jadi Pereda Nyeri

Jika dulu kita mengenal analgesik dari tumbuhan, saat ini

Hati-hati, Sebagian Tarantula "Beracun"

Bentuknya yang besar dan berbulu menjadikan tarantula

Berita Lainnya

Dalam Waktu Dekat, Makanan Kita akan Diantar oleh Robot

Tenaga manusia akan digantikan oleh robot pengantar makanan

Bagi yang Kepincut iPhone 7, Siap-siap Dimanjakan 8

Bersiap-siaplah dimanjakan 8 fitur baru iPhone 7 dan 7 Plus.

Ingat, Peran Manusia adalah Kunci Kesukseskan

Monumen Laut Nasional Papahanaumokuakea di AS adalah kawasan

Burung Beo Langka di Australia Akhirnya Tampak Lagi

Ternyata spesies yang diduga sudah punah ini masih ada.