Setiap Tahunnya Gunung Berapi Membunuh 540 Orang, yang Paling Mematikan Ternyata Ada di Indonesia

• Jumat, 13 Oktober 2017 18:00 WIB

Gunung berapi | New York Post

Intisari-Online.com - Semakin dekat dengan gunung berapi, semakin besar peluang kita untuk tewas ketika ia meletus.

Itu adalah kesimpulan mengejutkan dari lima ilmuwan yang telah mempelajari setiap kematian dari setiap gunung berapi di dunia dalam 617 tahun terakhir.

(Baca juga: Gunung Agung, 'Ring of Fire', dan 'Keakraban' Indonesia dengan Letusan Gunung Berapi)

Laporan mereka, “Volcanic fatalities database: analysis of volcanic threat with distance and victim classification”, belum lama ini telah diterbiktan oleh jurnal Journal of Applied Volcanology.

Pada penulis, dari University of Bristol’s School of Earth Sciences, mengumpulkan database dari semua kematian gunung berapi sejak tahun 1500 yang “berisi 635 catatan dari 278.368 korban jiwa.

Setiap rekaman berisi informasi tentang jumlah korban jiwa, penyebab fatal, tanggal kejadian, dan lokasi kematian dalam hal jarak dari gunung berapi.”

Di antara temuan mereka:

Penduduk lokal menjadi elemen yang paling sering menjadi korban jiwa, namun wisatawan, ahli vulkanologi, dan anggota media juga diidentifikasi sebagai korban umum.

Ada 1.508 gunung berapi aktif yang berada di 86 negara dan wilayah stambahan di seluruh dunia.

Lebih dari 29 juta orang di seluruh dunia hidup hanya 6,9 mil dari gunung berapi aktif dan sekitar 800 juta tinggal dalam radius 100 km, yang merupakan jarak potensi bahaya jika gunung berapai tersebut meletus.

Reporter : Moh Habib Asyhad
Editor : Moh Habib Asyhad

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×