Miris, Perubahan Iklim Membuat Populasi Penyu Hijau Mengalami Krisis Pejantan

• Kamis, 11 Januari 2018 06:00 WIB

Penyu hijau di pantai utara Australia | Nypost

Intisari-Online.com - Tak hanya pemanasan global, perubahan iklim juga berpengaruh terhadap kondisi penyu hijau di Australia.

Menurut studi terbaru yang diterbitkan Current Biolgoy, seperti dilaporkan New York Post, fenomena global itu telah mengubah populasi penyu hijau muda di sana hampir betina seluruhnya.

Tidak seperti manusia dan kebanyakan mamalia, jenis kelamin penyu hijau ditentukan oleh suhu di luar ketika mereka sedang berkembang dalam telur.

Suhu yang lebih hangat artinya lebih banyak betina yang akan lahir.

(Baca juga: Ironis! Penyu Hijau di Great Barrier Reef Terkontaminasi Bahan Kimia Berbahaya Hasil Polutan Manusia)

(Baca juga: Penyu Hijau dan Tantangan Perubahan Iklim)

“Ini adalah dokumen konservasi terpenting dalam dekade ini,” ujar David Owens, ahli biologi yang tidak terlibat dalam penelitian ini, kepada Washington Post.

Penelitian ini sendiri mengamati 200 ribu penyu hijau betina yang bersarang di sepanjang pantai timur Queensland, Australia, yang merupakan tempat tinggal salah satu populasi penyu hijau terbesar di dunia.

Selain itu, periset juga menemukan ada keseimbangan jenis kelamin—antara betina dan pejantan—di Great Barrier Reef bagian selatan yang lebih dingin. Sementara di utara yang lebih hangat, 99 persen populasi adalah betina.

Reporter : Moh Habib Asyhad
Editor : Moh Habib Asyhad

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×