Jika Bukan karena Jasa-jasa Sosok Ini, Mustahil Angkatan Udara Turki Bisa Terbangun Sebesar Ini

  • Senin, 17 Juli 2017 13:30 WIB

Angkatan Udara Turki yang terkenal kebesarannya | AWD News

Intisari-Online.com - Dari sisi sejarahnya Angkatan Udara Turki telah berdiri sejak lama demikian juga pengalaman tempurnya.

Maka tidak mengherankan ketika pergerakan militer Suriah mulai memasuki perbatasan, militer Turki langsung siaga.  

(Baca juga: Kesaksian Keluarga Aktris Amel Carla yang Terjebak di Bandara Attaturk ketika Kudeta Militer Turki Terjadi)

Ketika dibentuk pada bulan Juni 1909, AU Turki bernama Ottoman Air Force dan beberapa tahun kemudian mulai terlibat di Perang Balkan (1912-1913) dan Perang Dunia I (1914-1918).

Paska PD I, Kekaisaran Ottoman yang berhasil ditaklukan oleh pasukan Sekutu dibubarkan dan semua aset yang berkaitan dengan AU Turki ditutup.

Tapi sejumlah personel AU Ottoman dengan susah payah kembali membangun lagi kekuatan udara dengan pesawat yang tersisa di sejumlah kota seperti Istanbul, Izmir, Konya, Elazig, dan Divarbakir.

Sejumlah unit kekuatan udara yang dibentuk itu ternyata sangat berguna ketika Turki kembali bergolak untuk memperjuangkan kemerdekaannya.

Pada tahun 1921 Turki berhasil meraih kemerdekaannya dan kembali membentuk kekuatan udaranya .

Berkat pemerintahan agresif yang dipimpin oleh Mustafa Kemal Ataturk mulai tahun 1923, Turki mencanangkan diri untuk memiliki kekuatan udara yang modern.

Akademi AU dan pangkalan baru pun dibangun termasuk reorganisasi personel sementara untuk mendapatkan penerbang dan mekanik profesional, Turki mengirim para personel udaranya untuk belajar langsung di Inggris, Perancis, dan AS. 

undefined

Reporter : Agustinus Winardi
Editor : Moh Habib Asyhad

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×