Ilmuwan Ini Berhasil Menciptakan Es Krim yang Tak Gampang Meleleh Justru dari Kesalahan yang Tak Disengaja

  • Minggu, 13 Agustus 2017 14:00 WIB

Es krim tak gampang meleleh | IST

Intisari-Online.com - Ilmuwan di Biotherapy Development Research Center Co. di Kanazawa, Jepang, mengungkapkan solusi yang alami 100% untuk masalah klastik es krim yang meleleh.

Dengan menggunakan polipenol yang ditemukan pada stroberi, dapat menjaga es krim tidak meleleh selama beberapa jam dalam cuaca panas.

Percaya atau tidak, bahan rahasia untuk es krim yang tidak meleleh ini ditemukan karena kesalahan. Peneliti di Kanazawa diminta oleh sebuah toko roti setempat untuk menciptakan makanan manis yang baru.

(Baca juga: Karyawan Ini Dipecat Gara-gara ‘Tweet’ Foto Nampan Mesin Es Krim McDonald’s. Hati-hati, Bisa Bikin Males Beli!)

Mereka ingin menggunakan stroberi dimana buah tersebut tidak cukup bagus untuk dijual sebagai buah segar. Mereka pun menggunakan zat polipenol yang ada pada stroberi.

Namun dalam percobaan membuat makanan tersebut, mereka terlalu banyak menggunakan zat tersebut. Efeknya krim susu langsung mengeras ketika ditambahkan polipenol.

Saat itu juga peneliti menyadari bahwa polipenol dapat digunakan untuk membuat es krim yang meleleh lebih lama.

“Cairan polipenol bersifat membuat sulitnya air dan minyak berpisah,” kata Tomihisa Ota, seorang profesor di Kanazawa University, yang membantu mengembangkan camilan yang inovatif ini.

Jadi menurutnya, sebuah es loli yang mengandung polipenol, bentuknya akan tetap, dapat menjadi lebih awet, dan susah mencair.

Reporter : Khena Saptawaty
Editor : Moh Habib Asyhad

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×