Bagaimana Musik Memengaruhi Otak dan Suasana Hati Kita?

Bagaimana Musik Memengaruhi Otak dan Suasana Hati Kita?

  • Editor : Monalisa Darwin D
  • Monday, 29 August 2016
  • 10:30 am

Sebagian orang percaya bahwa musik memiliki efek positif bagi keseharian. Selain memengaruhi otak, musik memengaruhi otak dan suasana hati kita juga. Bagaimana peranannya? Berikut adalah beberapa manfaatnya dalam proses yang aktif:

Intisari-Online.com - Sebagian orang percaya bahwa musik memiliki efek positif bagi keseharian. Selain memengaruhi otak, musik memengaruhi otak dan suasana hati kita juga. Bagaimana peranannya? Berikut adalah beberapa manfaatnya dalam proses yang aktif:

  • Mainkan instrumen

Improvisasi musik merupakan ide kreatif secara spontan yang menunjukkan bagaimana musik memengaruhi kedua sisi otak. Keterampilan secara teknis digunakan untuk memainkan instrumen dan memengaruhi otak kiri, sedangkan otak kanan memunculkan ide-ide kreatif. Selain itu, kekuatan hati dapat dimanfaatkan pula dengan menanamkan musik pada emosi kita. Keterampilan berinstrumen dapat menjadi cara musik memengaruhi otak serta suasana hati, yang akhirnya mampu meningkatkan kemampuan kognitif serta pikiran secara spontan dan membantu menghadapi tantangan atau masalah dalam keseharian.

  • Bernyanyi

Tidak hanya baik bagi jantung, bernyanyi juga berpengaruh untuk otak kita. Yang perlu diingat adalah bahwa merupakan kegiatan oleh diri sendiri, terlepas dari suara yang bagus atau tidak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bernyanyi dapat memberikan manfaatkan emosional, sosial, serta kognitif. Pada akhirnya, bernyayi dapat mengurangi stres, kecemasan, depresi, dan juga memperbaiki fungsi bicara.

  • Lantunan

Sudah sejak lama, lantunan menjadi bentuk musik yang digunakan sebagai alat untuk membentuk hubungan spiritual yang lebih dalam di otak dan memengaruhi suasana hati. Hal ini terutama berlaku dari suara “om”, yang dikatakan mengandung setiap suara di alam semesta. Ketika mengucapkan “om”, kita dapat melepaskan pikiran melalui musik dan pergeseran fokus untuk hubungan spiritual yang lebih dalam. Studi juga mengungkapkan bahwa melantunkan suara “om” dapat melibatkan area otak yang berhubungan dengan ketenangan dan rasa kedamaian batin.

  • Drum

Penelitian menyebut bahwa denyut musik tertentu mampu memengaruhi suasana hati dengan menginduksi berbagai frekuensi gelombang otak dan dapat menjadikan suasana menjadi santai. Studi lain menunjukkan bahwa partisipasi suaran dalam durm memberikan perbaikan yang signifikan terhadap berbagai aspek perilaku sosial dan emosional. Potensi manfaat dari drum pada otak mengarah ke beberapa kolaborasi menakjubkan.

Itulah bagaimana musik memengaruhi otak dan suasana hati kita. (consciouslifestylemag.com)

Author :

Monalisa Darwin D

Komentar

Berita Terkait

Waspada, Iklim yang Ekstrem dan Tak Biasa di Tahun 2016

Tahun 2016 merupakan tahun terpanas sepanjang sejarah.

Bisa Bikin Mobil Kita 'Mengangkangi' Mobil Lain, Alat

Verizon Wireless membuat alat yang bisa membuat mobil

Dengan Bixby, Samsung Galaxy S8 dapat Dikontrol Hanya

Bixby ialah teknologi suara, yang membuat ponsel bekerja

Baik dalam Perang ataupun Damai, Kehadiran Kapal Induk

Dalam pelayaran untuk misi tempur atau damai pelayaran kapal

Berita Lainnya

Menyeramkan! 7.000 Gelembung Gas Metana di Siberia Ini

Benjolan di permukaan tanah di kawasan Siberia ini berisi

Yang Mau Mencicipi Apple, Ini Ada Ipad dengan Harga

Produk Apple dikenal dengan harganya yang lebih mahal

Kini Xiaomi Dapat Memproduksi 1 Smartphone Setiap 1

Setelah membangun pabrik keduanya di India, Xiaomi mengklaim

Mulai dari iPhone 7 Red Sampai Aplikasi Clip, Inilah 6

iPad baru, iPhone 7 Red, aplikasi Clip, Apple Watch baru,