Tetangga baru Bumi.

• Editor : Ade Sulaeman
  • Wednesday, 28 December 2016
  • 04:01 pm
1 2

Selama tahun 2016, ternyata ada beberapa penemuan yang mengejutnya terjadi. Apa saja? Inilah 10 penemuan paling mengejutkan yang pernah terjadi di tahun 2016.

Intisari-Online.com- Di dunia ini ada banyak hal yang terjadi. Mulai dari yang unik sampai yang katanya aneh. Menurut data dari livescience.com, ada beberapa penemuan yang mengejutkan tentang Bumi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya. Apa saja? Ini dia 10 penemuan paling mengejutkan yang pernah terjadi di tahun 2016.

1. Momentum cahaya baru

Momentum cahaya baru
Momentum cahaya baru.

Menurut peneliti, kecepatan cahaya itu sekitar 186.000 mil per detik atau 299.792 kilometer per detik dan bergerak konstan alias tidak berubah karena itulah salah satu sifat dasar cahaya. Itulah yang dipercaya oleh ilmuan sampai sekarang.

Namun seorang fisikawan dari Trinity College Dublin melakukan perhitungan berdasarkan penemuan 200 tahun. Ia menjelaskan adanya gerakan-gerakan partikel cahaya yang tidak berperilaku sebagaimana mestinya. Gerakan itu disebut planck's constant. Planck's constant adalah salah satu hukum dasar fisika yang melihat panang gelombang cahaya dan energi. Menurutnya, kecepatan cahaya bergerak dua bahkan tiga kali lebih cepat.

(7 Penemuan yang Mengubah Hidup Manusia di Bumi)

2. Gema di atmosfer

Gema di atmosfer
Gema di atmosfer.

Pada tahun 1962, para peneliti di Jicamarca Radio Observatory di Peru melihat sesuatu yang aneh. Mereka melihat ada beberapa gelombang radio yang memantul ke ruang angkasa. Gerakan itu berada sekitar 80 sampai 100 mil (130-160 kilometer) di atas bagian atmosfer. Gema ini bahkan terjadi sampai tahun 2016 ini. Peneliti berspekulasi jika gema di atmosfer itu tergantung posisi matahari.

3. Reptil kuno dengan cakar trenggiling

Reptil kuno dengan cakar trenggiling
Reptil kuno dengan cakar trenggiling.

Dua ratus juta tahun yang lalu, reptil seperti bunglon bernama Drepanosaurus ditemukan. Namun, tahun 1970-an di New Mexico ditemukan fosil baru yang mirip Drepanosaurus namun hanya memiliki tiga kaki. Menariknya lagi, reptil ini bertubuh seperti trenggiling. Sifatnya juga mirip trenggeling yang bisa menggali.

(Penemuan Planet Baru GJ 536 yang Dijuluki “Super Earth” )

4. Hadirnya elektron dalam bentuk baru

Hadirnya elektron dalam bentuk baru
Hadirnya elektron dalam bentuk baru.

Tahun 2016 ini, fisikawan menemukan bentuk baru dari elektron. Untuk lebih spesifiknya, ternyata peneliti benar-benar menciptakan elektron ini untuk membombardir neutron. Ciptaan ini disebut Kitaev quantum spin liquid. Nama ini diambil karena elektron terlihat kokoh dan kita bisa memegang sebagiannya di tangan.

5. Tetangga baru Bumi

Tetangga baru Bumi
Tetangga baru Bumi.

Pada bulan Agustus kemarin, para ilmuan mendeteksi cahaya kecil yang disebut Proxima Centauri. Proxima Centauri adalah sebuah bintang yang terdekat dengan Bumi selain matahari. Bintang ini mempunyai massa 1,3 kali dari Bumi dan disebut juga bintang berwarna merah. Menurut peneliti, suasana di dalam bintang itu ditutupi oleh laut dan memungkinkan untuk hidup di sana. Tapi atmosfer dan lingkungannya sedikit keras. Selain Proxima Centauri, astronomo juga mengkonfirmasi keberadaan 3.431 exoplantet atau di luar tata surya Bumi.

Sumber : livescience.com