Terlibat Kasus Korupsi, Mantan Pimpinan Bank di Vietnam Diganjar Hukuman Mati

  • Sabtu, 30 September 2017 10:00 WIB

Mantan bankir Vietnam ini dijatuhi hukuman mati akibat korupsi | Kompas.com

Intisari-Online.com - Sikap tegas ditunjukkan Vietnam dalam mengahadapi kasus korupsi. Lantaran terlibat kasus korupsi, seorang mantan pimpinan bank di negara itu resmi diganjar hukuman mati.

Sementara seorang rekannya yang terlibat kasus yang sama divonis penjara seumur hidup.

Setimpalkah hukuman itu?

(Baca juga: Dari 10 Hanya 1 Penembak dalam Hukuman Mati yang Berpeluru Tajam: Inilah Serba Serbi Prosedur Hukuman Mati Di Indonesia)

Nguyen Xuan Son pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal OceanBank, sebelum menjadi pimpinan perusahaan minyak nasional PetroVietnam.

Ia dinyatakan bersalah karena melakukan mismanajemen dan penggelapan dana jutaan dolar AS. Vonis dijatuhkan dalam persidangan di Pengadilan Hanoi, Jumat (29/9).

Lalu, mantan pimpinan OceanBank, Ha Van Tham—yang pernah disebut sebagai orang Vietnam terkaya—dinyatakan bersalah dalam dakwaan yang sama.

Ia disebut melanggar peraturan pemberian pinjaman, dengan mengucuran dana tak sah sebesar 23 juta dolar AS, atau sekitar Rp309 miliar pada 2012 lalu.

“Perilaku Tham dan Son amat serius, melanggar pengelolaan aset negara dan menyebabkan kemarahan umum, yang membutuhkan hukuman berat,” kata Hakim Truong Viet Toan.

Vonis atas keduanya ini mengakhiri pengadilan korupsi yang berlangsung satu bulan dengan total tersangka 51 bankir dan pengusaha.

Reporter : intisari-online
Editor : Moh Habib Asyhad

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×