Renovasi Stadion GBK Senayan Rampung 100%, Inilah Teknologi-teknologi Canggih yang ‘Tertanam’

  • Sabtu, 13 Januari 2018 10:30 WIB

Wajah baru Stadion Utama GBK Senayan Jakarta yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu, 14 Januari 2018. | Dokumentasi Adhi Karya

Intisari-Online.com - Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) Senayan telah rampung 100 persen.

Rencananya, stadion yang digunakan pada ajang Asian Games 2018 ini akan diuji coba untuk pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia kontra Timnas Islandia, Minggu (14/1/2018).

SU GBK, disebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, sebagai stadion dengan sistem pencahayaan terbaik di dunia.

"Untuk lighting-nya saya dapat informasi ini salah satu yang terbaik di dunia, namun akan diungguli oleh stadion (Olimpiade dan Paralimpiade) Tokyo 2020," kata Basuki di SU GBK, Kamis (11/1/2018) malam.

(Baca juga: Wanita Ini Diceraikan Suaminya Gara-gara Hanya Mandi dan Berhubungan Seks Sekali dalam Setahun)

SU GBK dilengkapi dengan sistem pencahayaan berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya.

Meski demikian, konsumsi listriknya diklaim lebih hemat hingga 50 persen dari lampu konvensional lantaran menggunakan LED lighting system.

Basuki menambahkan, sistem pencahayaan itu juga terintegrasi dengan sistem tata suara berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO.

"Tata suara SU GBK (juga) lebih baik dari sebelumnya, sehingga pada upacara pembukaan nanti, terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis," ungkapnya.

Reporter : intisari-online
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×