Lewat Jenderalnya yang Suka Melucu, Kim Jong Un Pastikan Merudal Guam Pada Pertengahan Agustus

  • Sabtu, 12 Agustus 2017 15:00 WIB

Kim Jong Un dan Jenderal Kim Rak Gyom | dailymail.co.uk

Intisari-Online.com - Pemimpin Korut Kim Jong Un memberikan kepastian pada pertengahan bulan Agustus ini Satuan Komando Rudal yang dikomandani oleh Jenderal Kim Rak Gyom siap meluncurkan sejumlah rudal balistik berhulu ledak nuklir ke Guam, AS.

Pernyataan Kim Jong Un itu dilontarkan di Korut, Kamis (10/8) setelah Jenderal Kim Rak Gyom memberikan jaminan bahwa rudal-rudal Hwasong-12 berhulu ledak nuklir dalam kondisi siap diluncurkan kapan saja.

Sebagai Jenderal yang mengkomadani Satuan Komando Rudal Korut, Jenderal Kim Rak Gyom sebenarnya berwajah ramah dan suka bercanda kepada para bawahannya.

Tapi Jenderal yang mulai menjabat sebagai komandan Satuan Komando Rudal sejak tahun 2012 itu ternyata memiliki ambisi yang sama dengan Kim Jong Un, yakni ingin sekali meluncurkan rudal nuklir ke daratan AS.

Dalam perkembangan terkini jika Kim Jong Un memberikan perintah kepada Jenderal Kim Rak Gyom untuk melancarkan serangan rudal balistik nuklir ke Guam pasti akan langsung dilaksanakannya dengan senang hati.

Kepastian Korut yang akan merudal Guam pada pertengahan bulan Agustus ini sebenarnya tidak bisa dianggap main-main oleh AS mengingat Korut sudah berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik Hwasong-12 yang bisa mencapai daratan AS pada bulan Juli lalu.

Sebuah negara yang berani mengancam untuk menyerang AS sebenarnya sangat jarang terjadi.

Tapi Korut yang nota bene masih dianggap negara ketiga oleh AS malah berani mengancamnya secara pasti dan terang-terangan.

Sikap AS untuk melakukan aksi militer terhadap Korut yang memastikan akan menyerang Guam justru tidak pasti bahkan terkesan bingung.

Reporter : Agustinus Winardi
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×