Berhasil Karena Kerja Keras

  • Senin, 13 Februari 2017 12:00 WIB

berhasil karena kerja keras | Intisari

Intisari-Online.com - Seorang petani sungguh mendapat karunia duniawi. Dia adalah pemilik beberapa kebun anggur yang luas. Dia tidak mempunyai masalah kecuali karena ketiga anaknya tidak suka bekerja.

Ia sudah tua, petani itu pun menyadari bahwa pada suatu hari ia akan meninggal dan kebun anggurnya akan diserahkan kepada anak-anaknya. Namun, itu tidak akan berguna kecuali jika anak-anaknya mau bekerja keras untuk mendapatkan hasil.

Pada suatu hari petani itu memanggil anak-anaknya untuk diberi pesan, demikian katanya, “Sesudah aku meninggal segala sesuatu yang kumiliki adalah milikmu. Di dalam kebun anggur itu kamu akan menemukan satu harta berharga. Itu juga milikmu.” Segera sesudah itu petani itu pun meninggal. Setelah berbela sungkawa beberapa lama anak-anak petani itu memikirkan untuk menemukan harta terpendam di dalam kebun itu. Mereka sepakat jika menemukan harta itu akan membaginya sama rata di antara mereka. Mereka berpikir bahwa harta terpendam itu berupa emas atau perak atau barangkali batu-batu permata yang berharga.

Mereka mulai bekerja dengan semangat baja. Mereka bekerja keras. Namun,  betapapun rajinnya mereka menggali di sekitar pokok-pokok anggur tidak satu pun harta ditemukan. Karena kecewa anak-anak itu berhenti menggali. Mereka sependapat bahwa ayah mereka keliru. Namun beberapa saat kemudian pohon-pohon anggur itu berbuah sangat lebat. Semakin lama buah-buah itu semakin besar dan banyak.

Akhirnya mereka menyadari bahwa panen yang baik itu adalah hasil dari kerja keras mereka menggali tanah untuk mencari harta. Ketika mereka menjual hasil panen dan mendapat banyak uang, anak-anak itu memahami apa yang dimaksud oleh ayah mereka. Harta itu adalah hasil panen yang baik yang hanya bisa diperoleh dengan kerja keras.

Hanya dengan kerja keras dapat menghasilkan sesuatu yang besar.

Sumber : []

Reporter : K. Tatik Wardayati
Editor : K. Tatik Wardayati

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×