Empat Alat untuk Membantu Pengelolaan Keuangan

  • Rabu, 4 Januari 2017 14:31 WIB

Mengelola keuangan

Intisari-Online.com – Ada yang berpendapat, mengelola keuangan adalah hal yang mudah. Padahal, hal tersebut dapat memberikan dampak yang buruk apabila kita salah dalam bersikap. Sebelum mengalami masalah yang serius, ada baiknya kita mendisiplinkan diri dalam mengelolanya. Dalam mendisiplinkan diri, ada beberapa alat yang dapat kita gunakan. Alat berikut ini boleh digunakan salah satu atau semuanya.

(Cara Cerdik Memanfaatkan Kartu Kredit)

Kartu kredit

kartu kredit
Kartu kredit

Kartu kredit bisa menjadi alat untuk memaksa kita mendisiplinkan diri dalam pengeluaran. Kartu kredit punya kelebihan tersendiri, selain iming-iming hadiah dan diskon setiap kali belanja atau point reward yang bisa ditukar dengan barang lainnya.

Lebih dari satu rekening

rekening bank
Lebih dari satu rekening bank

Menggunakan beberapa rekening untuk memisahkan kelompok anggaran juga dapat membantu kita. Memang kerugian memiliki banyak rekening adalah biaya administrasi setiap bulan dan adanya saldo minimum. Namun, hal ini dapat mendisiplinkan diri kita dalam mengelola keuangan.

(Enam Tips Internet Banking yang Aman)

Beberapa amplop

amplop keuangan
Mengatur beberapa amplop pengeluaran keuangan

Setiap amplop kita beri nama seperti “uang belanja”, “uang sekolah”, “tagihan listrik”, dan lain-lain. Segera bayarkan tagihan yang tidak bisa ditunda, dan simpan dengan baik agar kita tidak tergoda untuk membelanjakannya.

Arisan

arisan
Arisan

Salah satu cara tradisional untuk menabung adalah arisan. Karena mau tidak mau kita harus menyetorkan uang. Jika tidak menyetorkan uangnya, maka kita sendiri yang akan malu. Hanya mesti diingat, karena pengelola arisan bukanlah bank dengan legalitas yang sah ada baiknya untuk berhati-hati.

Sumber : ["intisari extra finance desember 2016"]

Reporter : K. Tatik Wardayati
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×