Bangga! Untuk Pertama Kalinya, Indonesia Masuk Negara dengan GDP Lebih Dari 1 Triliun Dolar

  • Jumat, 26 Januari 2018 10:30 WIB

GDP Indonesia diperkirakan mencapai US $ 1,004 triliun pada tahun 2017 | Kompas

Intisari-Online.com -  Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto adalah total nilai produksi barang dan jasa yang dihasilkan WNI/WNA dalam suatu negara per tahun.

Di Tahun 2017 lalu Indonesia mencatatkan namanya sebagai negara yang dapat menghasilkan nilai GDP lebih dari AS$1 Triliun dalam setahun.

Ini artinya Indonesia boleh dibilang sejajar dengan Amerika yang nilai GDP-nya sudah tinggi sejak 1970, juga negara lain seperti Jepang, Prancis, Jerman, Australia, Korea Selatan dan China.

Bahkan di Asia Tenggara, Indonesia adalah yang pertama mengalahkan negara lainnya.

BACA JUGA: Sepenggal Kisah Bung Karno, Akad Nikahnya Hampir Batal Karena Dandan Terlalu Necis

Dilansir dari seasia.co, GDP Indonesia diperkirakan mencapai US $ 1,004 triliun pada tahun 2017, walaupun pertumbuhan ekonomi mungkin lebih rendah dari perkiraan semula yakni 5,2%.

Sedangkan menurut data bank dunia, pada tahun 2016, Indonesia berada di urutan 16 dari 198 negara di dunia dengan nilai GDP mencapai US $1,046,923 dalam setahun.

Hal ini salah satunya karena liberalisasi peraturan investasi asing yang mendorong arus masuk FDI (Foreign Direct Investment).

Dengan mengatasi kemacetan dalam transportasi, pertanian dan perikanan, dan diversifikasi energi, Indonesia dapat membuka peluang bisnis sebesar $ 1,8 triliun pada tahun 2030. 

BACA JUGA: Mengherankan! Magelang Hujan Es dan Angin Kencang

Reporter : Masrurroh Ummu Kulsum
Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×