Bagi yang Ingin Mencari Rumah Inilah Manfaat Membeli Rumah Via KPR

Bagi yang Ingin Mencari Rumah Inilah Manfaat Membeli Rumah Via KPR

  • Editor : Moh. Habib Asyhad
  • Thursday, 21 July 2016
  • 01:30 pm

Siapa sih yang tidak menginginkan memiliki rumah sendiri? Salah satu cara untuk memiliki rumah sendiri adalah dengan jalan kredit kepemilikan rumah alias KPR. Lantas, apa saja manfaat membeli rumah via KPR?

Intisari-Online.com - Siapa sih yang tidak menginginkan memiliki rumah sendiri? Salah satu cara untuk memiliki rumah sendiri adalah dengan jalan kredit kepemilikan rumah alias KPR. Lantas, apa saja manfaat membeli rumah via KPR?

1. Biaya awal ringan

Jika kita mengajukan kepemilikan rumah dengan KPR, kita bisa mendapatkan biaya yang ringan di awal. Pihak bank pemberi KPR biasanya hanya akan mengenakan biaya awal sebesar 30% dari harga rumah dan dalam bentuk uang tunai.

Adapun cicilan pertama dan biaya administrasinya legal. Jika beruntung ada pula KPR yang ditawarkan berserta subsidi berupa keringanan uang muka. Dalam pengajuan tersebut ada beberapa bank yang menyediakan produk KPR dengan biaya yang cukup ringan.

2. Legal

Dengan kepemilikan rumah lewat KPR, kita akan mendapatkan legalitas rumah yang lebih terjamin. Mulai dari keabsahan surat tanah dan surat bangunanya. Bank hanya membiayai pembelian rumah dengan dilengkapi sertifikat yang nantinya akan dicek ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

3. Rumah yang siap huni

Inilah salah satu keunggulan membeli rumah lewat KPR. Selain biaya uang mukanya lebih ringan, kita juga sudah bisa menempati rumah tersebut langsung, tanpa harus menunggu terlebih dulu sampai cicilannya lunas.

4. Reputasi pengembang terjamin

Ini juga kabar baik untuk para pengembang properti. Dalam hal ini, bank mencari pengembang properti yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Pihak pengembang juga harus menjaga hubungan baik dengan pihak bank, karena terkait masalah keuntungan dari bunga kredit akan rugi bila ternyata pihak pengembang mundur dari pembangunan rumah anda.

5. Investasi jangka panjang

Membeli properti dengan KPR itu berarti kita juga berinvestasi jangka panjang. Bila cicilan KPR-nya sudah lunas, rumah tersebut bisa dijual kembali kepada orang lain.

Keuntungan bisa kita dapatkan karena harga jual rumah tersebut lebih tinggi dari harga belinya dulu. Belum lagi jika posisi rumah tersebut sangat strategis, halamannya luas, serta cukup masuk sinar matahari, dapat membuat harganya lebih tinggi lagi.

6. Sebagai keuntungan bisnis

Selain bisa berinvestasi dengan menjual rumah kembali, alternatif lainnya adalah menyewakan properti tersebut. Dengan begitu, ada usaha yang paling tidak akan mendatangkan keuntungan setiap bulannya. Kita bisa menyewakan rumah tersebut dengan range keuntungan 30-40 persen. Hindari memberi harga yang terlalu tinggi dari harga sewa pada umumnya.

7. Sebagai proteksi

Keunggulan lainya membeli rumah dengan KPR adalah akan mendapatkan proteksi. Proteksi ini merupakan syarat mutlak dari pihak Bank. Nantinya, kita akan mendapat proteksi berupa asuransi property yang preminya tercantum di cicilan bulanan KPR, untuk melindungi rumah dari resiko kebakaran.

Yang perlu diperhatikan jika hendak mengambil rumah via KPR adalah pilihlah suku bunga KPR yang paling rendah. Ini bisa kita lakukan dengan banyak berdiskusi dengan pihak bank itu sendiri, dari awal proses hingga masuk ke tahap pembayaran cicilan. Selain itu, bayarlah cicilannya tepat waktu di setiap bulannya.




(Kompas.com) 

Author :

Mohabib

Menyukai sejarah, sosial-budaya, dangdut, dan film India beserta lagu-lagunya.

Komentar

Berita Terkait

Jangan Terlena ‘Teduhnya’ Rumah Mertua Hingga Lupa

Jika terus terlena, bukan mustahil hingga usia senja kelak,

Inilah Cara Mengetahui Investasi Emas Bodong

Banyak perusahaan menawarkan investasi emas dengan imbal

Karyawan yang Penghasilannya Hanya Berasal dari Kantor

Karyawan juga bisa memasukkan harta-harta yang dimiliki

Duh, Banyak yang Belum Mempersiapkan Pensiun dengan

Harapan banyak orang tentu bisa menikmati masa pensiun

Berita Lainnya

Masih Suka Boros dan Berutang? Coba Tantangan 60 Hari

Tantangan 60 hari tanpa ‘jajan’ ini diklaim mampu

Siapa Bilang Kita Tidak Bisa Memulai Usaha Tanpa Modal

Hambatan besar bagi para enterpreneur ketika akan memulai

3 Metode Menabung, Salah Satunya Dianggap Sebagai

Mengenali metode menabung ini penting agar dapat disesuaikan

Panduan Lengkap Memulai atau Mengembangkan Usaha

Untuk pengusaha yang baru saja memulai hingga sudah