Pindah karier

10 Tips Bagi Anda yang Ingin Berpindah Karier

  • Editor : Hery Prasetyo
  • Tuesday, 27 December 2016
  • 06:00 am
1 2

Jangan terburu-buru untuk meninggalkan pekerjaan dan menatap pekerjaan lain. Perhatikan beberapa tips bagi Anda yang ingin berpindah karier berikut ini!

Intisari-Online.com - Tidak sedikit orang yang ingin mengubah kariernya dengan berbagai alasan, entah itu karena peluang gaji yang lebih besar atau karena ingin memiliki jam kerja yang fleksibel. Namun, sebelum benar-benar melakukannya, cobalah pikirkan sekali lagi dan perhatikan 10 tips bagi Anda yang ingin berpindah karier berikut ini!

1. Evaluasilah kepuasan kerja saat ini! Coba buat jurnal harian untuk melihat situasi pekerjaan yang sekarang sedang dilakukan. Lihat aspek pekerjaan mana yang Anda suka dan tidak suka saat ini. Apakah ketidakpuasaan Anda berhubungan dengan isi pekerjaan, budaya perusahaan, atau orang-orang yang sedang bekerja dengan Anda?

2. Nilailah minat dan keterampilan diri sendiri. Anda dapat mengulas tahun-tahun sebelumnya tentang peran Anda dalam kesuksesan, sebagai volunteer, ataupun sebagai pekerja dalam proyek. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi kegiatan yang Anda sukai serta sesuai dengan keterampilan. Tentukanlah apakah minat dan keterampilan saat itu dijalankan pada karier saat ini.

3. Selanjutnya, pertimbangkanlah karier alternatif. Brainstorming perlu dilakukan untuk menemukan ide-ide alternatif bagi karier terbaik. Hal ini bisa dilakukan dengan keluarga, sahabat, atau kerabat dekat lainnya. Bahkan, tak ada salahnya bila ingin berkonsultasi dengan seorang konsultan karier professional.

4. Cari tahu berbagai pilihan pekerjaan dan lakukan evaluasi dengan membandingkan berbagai bidang pekerjaan yang ada. Saat ini dengan pencarian online, Anda dapat menemukan banyak informasi terkait karier dan peluang pekerjaan.                                                                                                                                       

5. Karier adalah pilihan diri sendiri dan berdasarkan minat Anda, jadi selalulah utamakan diri Anda sendiri dalam menentukan. Mencaritahu informasi dan meminta masukan dari banyak orang tidak ada salahnya, namun pekerjaan yang Anda pilih haruslah tetap berdasarkan minat dan kesukaan Anda. Untuk meningkatkan kualitas diri juga, Anda perlu melengkapi berbagai data, termasuk dalam media online, seperti Linkedin.

^^^ Klik halaman berikutnya untuk melanjutkan.    


Sumber : thebalance.com

1 2

Author :

Monalisa Darwin D

Komentar

Berita Terkait

Selain Lebih Bahagia, Cuti Bikin Karier Lebih Sukses

Cuti bukan sekadar menenangkan pikiran dan melepaskan beban

10 Kesalahan dalam Karier yang Harus Dihindari! (1)

Karier menjadi salah satu cermin dalam hidup kita, yang

Menjadi Relawan Memberi Banyak Manfaat Kebaikan

Jika Anda sedang mencari aktivitas yang akan mendukung

Menjadi Relawan Memberi Banyak Manfaat Kebaikan

Jika Anda sedang mencari aktivitas yang akan mendukung

Berita Lainnya

Ingin Karie Melesat? Ini 5 Cara Jitu Taklukan Hati

Sebaik apapun kita bekerja, jika atasan tidak menyukai kita,

Hubungan dengan Teman Kantor Kurang Baik, Coba 5 Trik

Hubungan dengan teman kantor kurang baik? Coba 5 trik ini,

Etika Resign: Bilang Bos Dulu, Baru ke HRD

Suasana kerja sudah tidak kondusif. Saatnya resign atau

Ingin Jadi Pebisnis? Coba Cek Dulu, Sudah Sesuaikah

Ada empat kepribadian yang berhubungan dalam bisnis, yaitu