10 Cara Untuk Mendapatkan Dukungan Ide dari Atasan

Reporter : Monalisa Darwin D
Editor : Ade Sulaeman

Lima Langkah Menghentikan Aksi si Laki-laki Mata Keranjang di Tempat Kerja

Intisari-Online.com - Kebanyakan atasan memiliki ide untuk kemajuan perusahaannya dan mereka biasanya memiliki kemampuan mengevaluasi yang baik. Ketika ide dari tim atau karyawan lain tidak diterima, tak perlu putus asa! Mungkin saja ide yang diberikan masih terdapat ketidaksesuaian dengan atasan dan perusahaan. Namun, ada 10 cara sederhana untuk mendapatkan dukungan ide dari atasan yang bisa dilakukan:

(Buatlah Kesan Baik Pada Atasan Dengan Tips Berikut!)

1. Kembangkanlah tentang visi dari ide yang dibuat. Apapun poin untuk mencapai tujuan dari ide perlu disampaikan dan gambarkan setiap detailnya dengan cara yang bergairah, antusias, dan bersemangat. Dengan ini akan membuat atasan ikut terbawa ke dalam bayangan tentang ide Anda serta memberikan masukan untuk pengembangan lebih lanjut. Ketika Anda tidak bersemangat dalam menjabarkan ide, orang sekitar pun tentu tidak tertarik dan tidak yakin.

2. Tak ada salahnya meluang waktu di luar jam bekerja untuk memantapkan setiap ide pekerjaan yang muncul. Bahkan, Anda dapat membuat daftar pro dan kontra atas ide yang ada. Buat pula setiap rencana kedua bila rencana pertama gagal atau ditolak. Pikirkan setiap proses hingga hasil terbesar yang akan diperoleh. Memberikan ide jangan setengah-setengah, sebaiknya tergambar secara keseluruhan untuk diajukan ke atasan dan mereka akan langsung mendapatkan gambaran dari ide yang disajikan.

(Alasan Bolos yang Dianggap Paling Masuk Akal oleh Atasan)

3. Sebelum mengajukan ide ke atasan, cobalah lebih dulu untuk mendiskusikannya kepada rekan kerja yang terpercaya atau juga berpengalaman. Lihat bagaimana tanggapan mereka terhadap ide Anda. Minta pula masukan yang kritis untuk membangun ide Anda menjadi lebih baik. Bila lebih dari lima orang yang kurang setuju, ada baiknya Anda memperbaiki kembali ide Anda.

4. Ada pula beberapa poin yang perlu diperhatikan secara detail untuk mendapatkan dukungan atau penerimaan dari atasan, yaitu dapat mengurangi biaya, meningkatkan pemasukan, menjadikan karyawan lebih efisien dalam bekerja, dapat memberikan penghargaan atau mencapai tujuan perusahaan, dapat membantu masing-masing rekan kerja mencapai kesuksesan.

5. Dan, terdapat beberapa poin detail yang perlu diperhatikan untuk dihindari, seperti mempromosikan diri sendiri, mempermudah pekerjaan sendiri dan mempersulit pekerjaan rekan lainnya, terlalu banyak mengeluarkan biaya, dan terlalu tidak realistis.


Sumber : ["thebalance.com"]

Reporter : Monalisa Darwin D
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×