Berbahayakah Kram Diafragma yang Gejalanya Berupa Cegukan Itu?

  • Kamis, 2 Maret 2017 14:30 WIB

Berbahayakah Kram Diafragma?

Intisari-Online.com - Tanya: @cahya_wardhana: Beberapa waktu lalu, kata dokter, sya mngalmi kram pada otot diafragma, itu knp ya? =D #IS_MD @IntisariOnline

Jawab:

Dear Cahya,

Diafragma adalah otot utama bagi proses pernapasan. Diafragma juga merupakan otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut. Kram atau spasme adalah keadaan kontraksi otot yang berlebihan. Kram diafragma umumnya memang dapat menyebabkan nyeri dada atau nyeri perut di bagian atas. Atau bisa juga menimbulkan gejala cegukan (hiccup). Keadaan ini relatif tidak berbahaya.

Umumnya gejala nyeri atau sesak nafas yang diakibatkan oleh kondisi ini dapat reda atau sembuh dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Pengobatan yang perlu dilakukan adalah dengan pemberian obat antinyeri sederhana dan dijual bebas seperti ibuprofen atau paracetamol, dan hanya diberikan apabila diperlukan saja. Terkadang apabila menimbulkan nyeri yang berlebihan, dokter dapat memberikan obat pelemas kontraksi otot (muscle relaxant).

Untuk mencegah kambuhnya keadaan seperti ini, lakukanlah olahraga yang bersifat aerobik secara teratur seperti joging ringan, bersepeda, atau renang. Latihan-latihan pernapasan yang bersifat lembut dan ritmik (breathing exercise) juga akan sangat membantu guna mengatasi kekambuhan dan mempercepat pemulihan dalam kondisi seperti ini.

Semoga membantu. Terima kasih.

Dr. Janfrional
Meetdoctor

Sumber : []

Reporter : Agus Surono
Editor : Agus Surono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×