Agar Hidup Normal Setelah Serangan Jantung

  • Rabu, 24 Februari 2016 09:00 WIB

Agar Hidup Normal Setelah Serangan Jantung

Intisari-Online.com - Sekitar sepuluh persen orang yang pernah mengalami serangan jantung, akan berisiko mengalami hal yang sama dalam satu tahun meninggalkan rumah sakit, meskipun risikonya turun sekitar tiga persen setiap tahun sesudahnya. Tingkatkan peluang Anda dan ambil kendali terhadap kesehatan Anda!

Pemulihan

Pemulihan dari serangan jantung biasanya membutuhkan waktu sekitar enam minggu. Tapi ini bukan angka pasti karena ukurannya bervariasi tergantung pada tingkat serangan dan apakah ada komplikasi. "Luka" otot jantung membutuhkan waktu tiga sampai enam bulan untuk benar-benar terbentuk," kata Nicholas Giacomantonio, seorang ahli jantung QEII Health Sciences di Halifax.  "dan obat yang diberikan dokter sangat penting untuk meminimalkan ukurannya serta merangsang  respons otot jantung di sekitar luka terhadap obat tersebut."

Langkah pertama yang paling penting yang perlu dilakukan untuk pemulihan adalah untuk mengikuti program rehabilitasi jantung. Sebuah studi terbaru menunjukkan, modifikasi gaya hidup bisa mengurangi risiko kematian, operasi dan serangan kedua.

Revolusi gaya hidup

"Lima besar faktor risiko penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, diabetes dan obesitas," kata Dr Giacomantonio. "Riwayat keluarga dan usia adalah faktor juga, tapi kita  tidak bisa berbuat banyak tentang hal itu."

Giacomantonio merekomendasikan menjaga pola makan yang sehat rendah lemak dan garam dan tinggi serat. Dr. Giacomantonio juga merekomendasikan untuk mengurangi zat tepung sumber karbohidrat sederhana seperti roti putih dan pasta.

Olahraga

Banyak orang takut berolahraga akan memicu serangan jantung lanjutan. Anggapan ini tidak benar. Sebaliknya, olahraga rutin akan membantu mempercepat pemulihan. Aktivitas fisik harus dimulai sesegera mungkin setelah serangan-bahkan berjalan di sekitar bangsal rumah sakit dapat membantu. Setelah Anda keluar rumah sakit dan sudah merasa nyaman, mulailah jadwalkan waktu untuk berolahraga rutin dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap. Mulai dengan berjalan di sekitar rumah, kemudian mengitari satu blok sampai Anda merasa cukup kuat untuk berjalan mengitari seluruh lingkungan perumahan Anda.

Olahraga juga akan membantu mengontrol berat badan, mengurangi stres dan depresi, dan membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Aktivitas fisik juga akan membantu meningkatkan energi. Istirahat ketika Anda mulai merasa lelah adalah sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. 

Reporter : MeetDoctor
Editor : MeetDoctor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×