Cara Merebut Kembali Hak Atas Tanah dengan Sertifikat Ganda

  • Jumat, 10 Februari 2017 16:00 WIB

Mencari Pemilik yang Sebenarnya Atas Tanah Bersertifikat Ganda

Intisari-Online.com -

Tanya:

Saya merupakan salah satu ahli waris atas tanah milik kakek saya yang berada di wilayah Bogor. Alas hak yang saya miliki adalah eigendom verponding.

Ternyata ketika ingin menjual tanah tersebut, saya mendapatkan masalah di Kantor Pertanahan setempat yang mengatakan bahwa sudah tercatat sertifikat hak milik atas nama orang lain di atas tanah saya tersebut.

Saya sangat terkejut karena dari antara kami para ahli waris tidak pernah sekalipun mengalihkan hak kepemilikan tanah tersebut kepada siapapun.

Apakah hak eigendom verponding milik kami dapat hilang begitu saja tanpa pernah kami mengalihkannya? Bagaimana cara kami untuk merebut kembali hak atas tanah tersebut?

 

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan saudara.

Eigendom Verponding (EV) merupakan istilah dalam bahasa Belanda, yang dalam berbagai literatur hukum dan kamus hukum diartikan sebagai hak milik atas tanah. Eigendom artinya hak kepemilikan mutlak, sedangkan Verponding artinya sebidang tanah. Jadi dapat diartikan bahwa EV adalah hak milik atas sebidang tanah. EV merupakan salah satu produk hukum pertanahan dari zaman penjajahan kolonial Belanda di Indonesia untuk menyatakan hak kepemilikan seseorang atas tanah. Selain itu dikenal juga Verponding Belasting, yaitu Pajak atas tanah verponding yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 72 Tahun 1958 Tentang Pajak Verponding Untuk Tahun-tahun 1957 dan Berikutnya.

Sumber : []

Reporter : Ade Sulaeman
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×