Bisakah Kita Dipidana Jika Tanpa Sadar Membeli Barang Curian?

  • Minggu, 12 Februari 2017 10:30 WIB

Tanpa Sadar Membeli Barang Curian

Intisari-Online.com - Saya memiliki toko handphone. Suatu hari seorang datang hendak menjual gadget keluaran terbaru kepada saya. Tertarik dengan penawarannya, saya pun akhirnya membeli barang yang ia jual.

Ternyata barang tersebut adalah barang hasil curian. Orang tersebut kini dalam proses pemeriksaan di kepolisian. Saat ini pihak kepolisian juga meminta saya untuk memberikan keterangan.

Apakah dalam perkara ini saya dapat dipidana karena membeli barang curian? Terima kasih.

(Dodi – Jakarta)

 

Jawaban:
Terima kasih atas pertanyaannya,

Berdasarkan Pasal 480 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana menyatakan bahwa :

“Diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah:

  1. Barang siapa membeli, menyewa, menukar, menerima gadai, menerima hadiah, atau untuk menarik keuntungan, menjual, menyewakan, menukarkan, menggadaikan, mengangkut, menyimpan atau menyembunyikan sesuatu benda, yang diketahui atau sepatutnya harus diduga bahwa diperoleh dari kejahatan penadahan;”

Berdasarkan ketentuan di atas seseorang dapat dikenakan tindakan pidana penadahan jika mengetahui atau sepatutnya menduga bahwa barang yang dibeli tersebut berasal dari tindak pidana kejahatan (hasil pencurian).

Didalam penjelesan KUHP oleh R. Soesilo (hal. 314-315) dijelaskan secara lengkap beserta komentar-komentarnya bahwa perbuatan penadahan sebagaimana terdapat dalam Pasal 480 ayat (1) KUHP, dibagi atas dua bagian, yaitu:

Sumber : []

Reporter : Ade Sulaeman
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×